Home » » Manfaat Susu Kedelai Untuk Mengurangi Kolesterol Dalam Darah

Manfaat Susu Kedelai Untuk Mengurangi Kolesterol Dalam Darah

Posted by ID Manfaat on 30 Oktober 2017

Manfaat Susu Kedelai Untuk Mengurangi Kolesterol Dalam Darah - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang meminum susu kedelai setiap hari memiliki risiko osteoporosis 56% lebih rendah dibandingkan dengan perempuan yang tidak meminumnya. Selain itu, susu kedelai dapat meringankan gejala menopause, seperti sensasi hot flashes dan keringat di malam hari. Kedelai juga diduga dapat membantu fungsi kognitif wanita yang berusia di bawah 65 tahun. Sedangkan anggapan bahwa susu kedelai berguna bagi kesehatan jantung masih diteliti.



 



Manfaat Susu Kedelai Untuk Mengurangi Kolesterol Dalam Darah


1. Ibu Hamil dan Menyusui

Sebagian wanita hamil yang ragu, apakah susu kedelai bermanfaat atau tidak untuk bayi mereka. Ada beberapa manfaat susu kedelai untuk ibu mengandung sesuai dengan kandungan nutrisi kedelai. Susu kedelai mengandung nutrisi utama berupa lemak tak jenuh dan tidak menyimpan kolesterol. Dua asam lemak tak jenuh dalam susu kedelai bisa membantu mencegah pembentukan kolesterol dari sumber lemak makanan dan minuman lain.

Susu kedelai yang terbuat dari bahan kedelai mengandung bahan fitoestrogen yang bisa membantu tubuh menerima kalsium dengan cepat. Oleh sebab itu maka ibu hamil tidak akan kekurangan kalsium. Dan kalsiun menjadi nutrisi penting karena bisa membangun pembentukan jaringan tulang, gigi dan rambut untuk janin. Efeknya juga bisa mencegah osteoporosis untuk wanita yang sudah menjelang tahap menopause.

2. Diet Sehat Alami

Manfaat susu kedelai yang tak kalah adalah kebutuhan gizi bagi yang berdiet dengan susu kedelai. Susu kedelai rendah lemak, namun banyak proteinnya. Oleh sebab itu tak perlu takut gemuk untuk meminumnya. Kandungan karbohidrat oligosakaridanya pun, tidak terserap oleh air. Jadi anda tidak perlu was-was meminumnya. Tidak disangka-sangka kedelai, sangat baik bagi kesehatan kita. Cobalah, untuk merasakan khasiatnya.

3. Kecantikan Wajah

Banyaknya kandungan baik yang terdapat di dalam susu kedelai ini, maka susu kedelai tidak hanya berguna untuk kesehatan badan tetapi juga banyak manfaatnya yaitu untuk kecantikan kulit. Untuk meningkatkan kelembaban kulit. Untuk menghilangkan noda hitam di wajah. Untuk mencegah kulit kusam dan berminyak. Dapat meningkatkan kolagen di dalam kulit. Untuk menjaga elastisitas kulit. Untuk mengatasi kulit kering dan bersisik. Selain itu manfaat susu kedelai untuk kecantikan bisa digunakan sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas penyebab penuaan dini.

4. Memperbesar Payudara Wanita

Susu kedelai sebagai salah satu makanan yang dapat merangsang pertumbuhan hormon estrogen dalam tubuh wanita. Kedelai juga memiliki kandungan vitamin E yang dapat melindungi payudara dari kerusakan sel dan menjaga kulit payudara.

Kedelai juga mengandung protein nabati yang tinggi lho. Protein nabati ini sangat berguna untuk memperlancar ASI bagi para Moms yang sedang dalam masa menyusui. Selain memperbesar ukuran payudara banyak juga ya manfaat kedelai buat buah dada para ibu.

5. Kesuburan Kandungan

Kedelai menyimpan protein dan seng yang diduga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Anda boleh saja mengkonsumsi susu kedelai namun secukupnya saja. Konsumsi susu kedelai berlebihan sebanyak 30 gram setiap hari dalam sebulan bisa meningkatkan resiko gangguan fungsi tiroid.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering diderita oleh seorang pria. MayoClinic.com (portal kesehatan dunia) merekomendasikan untuk melakukan diet rendah lemak jenuh dan sodium serta tinggi protein untuk mencegah masalah kardiovaskular. 1 cangkir susu kedelai mengandung 3.6 gram lemak, 6.3 gram protein, 104 kalori dan hanya 0,5 gram lemak jenuh.

Selain rendah kalori, lemak, dan tinggi protein, rasio lemak jenuh dan tak jenuh susu kedelai dapat membantu mengurani tekanan darah tinggi dan kolesterol.

7. Mengkontrol Hipertensi

Kandungan seimbang antara lemak jenuh dan tak jenuh merupakan salah satu komponen yang dapat membantu dalam mengatur menjaga keseimbangan tekanan darah tinggi. Selain itu kandungan vitamin E, asam folat dan B6 mampu mencegah terjadinya penyakit jantung. Tekanan darah tinggi juga dapat diminimalisir dengan kandungan magnesium pada susu kedelai.

8. Mengurangi Kolesterol Dalam Darah

Antioksidan dalam isoflavon pada kacang-kacangan seperti kedelai, mampu menaikkan kadar HDL yang baik untuk kesehatan jantung. Sedangkan lesitin dipercaya menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dalam darah yang dapat membantu menjaga kesehatan badan.

9. Mengurangi Resiko Diabetes

Protein nabati pada susu kedelai dapat lebih mudah diolah oleh ginjal penderita diabetes, dibandingkan dengan protein hewani seperti susu sapi. Susu kedelai mengandung dua zat gizi mikro yang dapat berkontribusi terhadap perkembangan diabetes tipe 2: magnesium dan vitamin D. Meskipun zat ini bukan untuk pengobatan diabetes tipe 2, orang-orang yang memiliki nutrisi rendah terhadap dua zat ini memiliki risiko lebih besar terkena diabetes tipe 2.

1 cangkir penyajian susu kedelai dapat mengatasi terjadinya kasus ini karena mengandung8,6 persen dari magnesium dan 18 persen vitamin D. Selain itu, susu kedelai adalah minuman yang aman bagi penderita diabetes tipe 2.

10. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh bertambahnya usia dan kekurangan hormon. Fitoestrogen dalam kedelai bisa membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang yang dapat menyebabkan osteoporosis. Untuk kegunaan yang maksimal, pastikan untuk membeli susu kedelai yang diperkaya dengan kalsium tambahan dan vitamin D.

11. Menjaga Kasehatan mental

Menjaga kesehatan mental adalah salah satu kegunaan susu kedelai yang tidak terduga, lalu bagaimana peran susu kedelai ini pada kesehatan mental ? MayoClinic.com telah melist bahwa bunuh diri merupakan peringkat ke-7 dari penyebab utama kematian para pria. Susu kedelai dapat membantu mengurangi risiko ini karena mengandung sejumlah zat gizi mikro dengan potensi manfaat kesehatan mental.

1 cangkir susu kedelai mengandung 5,8 persen vitamin B-6, yang menolong tubuh Anda untuk memproduksi serotonin neurokimia meningkatkan suasana hati. Kadar magnesium yang juga membantu untuk meningkatkan tingkat serotonin dan mungkin sama efektifnya dengan beberapa obat antidepresan yang digunakan pada orang depresi dan diabetes.

Kandungan vitamin D yang tinggi dalam susu kedelai juga dapat membantu untuk mencegah dan mengobati gangguan afektif musiman, kondisi depresi yang menjadikan orang yang hidup dalam tekanan tinggi.

Itulah Manfaat Susu Kedelai Untuk Mengurangi Kolesterol Dalam Darah


Apabila Anda tidak bisa atau tidak diperbolehkan mengonsumsi susu sapi, maka susu kedelai bisa menjadi alternatif bagi Anda. Namun, ada baiknya Anda membuat susu kedelai sendiri sehingga Anda bisa mengontrol bahan tambahan yang masuk dan diperlukan bagi tubuh Anda.

Terima kasih telah membaca artikel ini & dipublikasikan oleh ID Manfaat

1 komentar:

  1. terimakasih banyak atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://rahma-store.com/ms-glow-brightening/

    BalasHapus